Breaking News

Inilah Sejumlah Tokoh yang Diprediksi Maju Pilkada Banten



ANABERITA.COM, POLITIK - Mendekati Pemilu 2024 sejumlah nama yang diprediksi akan maju pada Pilkada Gubernur Banten mulai ramai diperbincangkan. Beberapa diantaranya adalah Airin Rachmi Diany, Iti Octavia, Wahidin Halim, Rano Karno dan Arief Wirmansyah.


Tokoh tersebut merupakan nama yang tidak asing dalam perpolitikan di tanah jawara ini. Airin misalnya, politisi Partai Golkar ini sebelumnya adalah Wali Kota Tangerang Selatan. 


Nama Airin sebelumnya mengaggetkan publik lantaran Golkar sebelumnya menggadang - gadang Andika Hazrumy. Namun pada pertengahan Juli 2022 dinamika internal Partai Golkar berubah mendadak. Andika yang semula diplot ke Pilkada Banten digeser menjadi calon Bupati Serang.


Sementara itu, Rano Karno yang merupakan anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan sebelumnya juga pernah menjabat Gubernur Banten menggantikan Ratu Atut Chosiyah akibat tersandung kasus korupsi. Namun Rano Karno kalah oleh anak sulung Atut pada Pilkada Banten beberapa tahun lalu. 



Rano yang saat itu berpasangan dengan Embay Mulya Syarief harus menelan pil pahit akibat kalah oleh pasangan Wahidin - Andika. Gagal menjadi Gubernur Banten Rano Karno melenggang ke senayan menjadi anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan.


Wahidin sendiri dikabarkan akan kembali maju untuk periode kedua meski dengan kendaraan yang berbeda. Jika sebelumnya ia memakai bendera Partai Demokrat, namun sekarang ia telah pindah partai yaitu ke Partai Nasdem.


Dua nama baru juga muncul, yaitu Iti Octavia dan Arief Wirmansyah. Keduanya merupakan kepala daerah. Iti adalah Bupati Lebak sekaligus Ketua DPD Partai Demokrat Banten sedangkan Arief saat ini menjabat sebagai Wali Kota Tangerang. 


Sejauh ini belum ada simulasi pasangan untuk mereka. Namun pembicaraan secara non resmi telah dilakukan sejumlah partai politik. Yang pasti Pilkada Banten 2024 akan lebih ramai dibandingkan pilkada sebelumnya. (dbs)

0 Komentar

Type and hit Enter to search

Close