Breaking News

Survei Parameter Politik Indonesia, Akseptabilitas Andika Ungguli WH dan Rano

Sumber Gambar:titiknol


Dalam survei ada tiga istilah, yaitu popularitas (terkenal), akseptabilitas (diterima) dan elektabilitas (dipilih). Ketiganya merupakan hal penting dalam suatu pemilihan.


ANABERITA.COM, POLITIK- Tiga tokoh politik Banten menempati akseptabilitas tertinggi untuk menjadi Gubernur Banten pada Pemilu 2024 mendatang. Ketiga tokoh tersebut yaitu Andika Hazrumy (Golkar), Wahidin Halim (Nasdem) dan Rano Karno (PDIP).


Hal tersebut berdasarkan rilis survei dari Parameter Politik Indonesia, dimana akseptabilitas Andika tertingi yaitu 68,1 persen disusul Wahidin Halim  yaitu dengan 67,7 persen dan Rano Karno 65,5 persen.


Sementara itu, elektabilitas Wahidin Halim tertinggi jika survei dilakukan secara spontan, yaitu dengan 17,9 persen, Andika Hazrumy 16,7 persen, dan Rano Karno 15,6 persen.


Perlu diketahui bahwa dalam survei ada tiga istilah, yaitu popularitas (terkenal), akseptabilitas (diterima) dan elektabilitas (dipilih). Ketiganya merupakan hal penting dalam suatu pemilihan.


“Andika Hazrumy memiliki potensi kenaikan elektabilitas yang masih besar ke depan seiring dengan semakin dikenalnya figur Andika Hazrumy di mata masyarakat,” kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, dalam keterangan tertulisnya, Senin (15/8/2022).



Selain ketiga tokoh tersebut, ada nama lain dibawah mereka yaitu Arief Wismansyah, Ahmad Zaki Iskandar, Airin Rachmi Diany dan Iti Octavia.  Masih menurut media ini, Adi menjelaskan, terkait beberapa metodologi penelitian dalam peta Pilkada Banten tersebut. 


Dijelaskan bahwa survei tersebut menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan Jumlah kuisioner sebanyak 800 responden dan margin of error sebesar ± 3,4 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.


Stratifikasi, kata Dia, dilakukan pada jenis kelamin responden dan proporsi populasi kota/kabupaten dengan pengumpulan data dilakukan dengan metode face to face interview menggunakan kuisioner yang dilakukan oleh surveyor terlatih.


“Pengambilan data dilakukan pada tanggal 23 Juli sampai 4 Agustus 2022 oleh enumerator yang telah terlatih dan berpengalaman,” paparnya. Sekadar diketahui, Andika merupakan mantan Wakil Gubernur Banten selama lima tahun mendampingi Wahidin Halim. 


Sementara Rano Karno pernah menjadi Gubernur Banten menggantikan Ratu Atut Chosiyah. Pada Pilkada Banten lima tahun lalu, Rano Karno duet dengan Embay Mulya Syarief berhadapan dengan pasangan WH-Andika, namun Rano kalah. (dbs)

0 Komentar

Type and hit Enter to search

Close