Breaking News

Puisi Palestina Menlu Indonesia Bikin Mata Meleleh

 


"Bolehkan saya membacakan puisi disini?" tanya Retno sebelum membacakan puisinya

ANABERITA.COM, Retno Marsudi, Menteri Luar Negeri Indonesia membuat mata meleleh. Ini terjadi saat Menlu membacakan puisi yang diperuntukan khusus untuk rakyat Palestina pada Aksi Bela Palestina di Lapangan Monumen Nasional (Monas) Jakarta, Minggu 5 November 2023.

Puisi yang dibacakan Menlu tersebut merupakan karya dia sendiri yang ditulis malam hari sebelum menghadiri Aksi Bela Palestina. "Bolehkan saya membacakan puisi disini?" tanya Retno sebelum membacakan puisinya tersebut.

Mendapat jawaban kompak yang membolehkan, Rento pun membacakan puisi yang ia beri judul Palestina Saudaraku. Retno memba puisi dengan pelan dan penuh penghayatan sehingga membuat mata meleleh.

Bahkan Puan Maharani, Ketua DPR RI yang juga hadir terlihat berkaca - kaca meski ia menahannya. Puisi tersebut secara umum menyampaikan pesan bahwa dirinya prihatin melihat kondisi rakyat Palestina, terutama anak - anak yang harus kehilangan orangtua.

Berikut puisi yang dibacakan Retno dalam aksi bela Palestina:

Palestina Saudaraku

Retno Marsudi
Hatiku miris, karena bocah itu menangis
Dia terluka, dia tidak bisa berkata
Dia tidak tahu di mana bapak ibunya
Setiap 10 menit 1 anak wafat di Gaza
Ribuan orang tua kehilangan anak
Tak terbilang berapa ribu anak kehilangan orang tuanya
Setiap tangan tertulis nama
Mereka tidak ingin mati tanpa penanda
Rumah mereka hanya langit
Kasur mereka hanya bumi
Kapan kekejaman ini akan berhenti
Kapan keadilan ini akan menghampiri
Aku dan Indonesiaku pantang mundur akan terus membantumu
Aku dan Indonesiaku akan terus bersamamu
Sampai penjajah itu enyah dari rumahmu

Palestina kau adalah saudaraku
Dan aku, Indonesiaku akan selalu bersamamu


Selain itu, melalui puisi tersebut Retno juga ingin menyampaikan pesan tegas bahwa Indonesia akan tetap bersama Palestina sampai merdeka. Retno memang mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari rakyat Indonesia, terutama pasca ia menyampaikan sikap Indonesia terhadap konflik Israel dan Palestina disidang PBB beberapa waktu lalu.

Selain Retno, hadir pula sejumlah tokoh lain yaitu Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Agama Gus Yaqut, Fadli Zon, Hidayat Nurwahid, Din Syamsudin, Murniawati Silvi. [dbs]


0 Komentar

Type and hit Enter to search

Close