Breaking News

Google Suntik Duit ke Tokopedia



ANABERITA.COM, BISNIS- Eksistensi Tokopedia semakin menguat sekarang ini, setelah masuk ke daftar perusahaan yang wajib menerapkan pungutan PPN 10%, kini raksasa hijau itu mendapatkan suntikan dana segar. 


Walau adanya Pandemi, Tokopedia sukses menekan potensi besar mereka, ini terbukti ketika ada Investasi Google ke Tokopedia dengan nominal yang luar biasa.


Sebenarnya informasi mengenai suntikan dana segar dari Google untuk Tokopedia sudah ada sejak bulan Oktober lalu, dilansir dari Investor ID, Google dan Temasek Holdings melakukan investasi dengan nilai 350 Juta USD atau setara 4 Triliun Rupiah ke Tokopedia.


Namun pada saat itu semuanya masih berstatus sebagai rencana yang sudah disetujui oleh Google dan juga Temasek. Dan sekarang benar-benar terealisasikan, dana sudah dikucurkan ke Tokopedia.


Investasi Google ke Tokopedia

Walau Google dan Temasek mengalirkan dana mengerikan senilai Triliuan ke Tokopedia sebagai bentuk Investasi, rupanya itu masih di bawah target pendanaan Tokopedia yang targetnya adalah 500 hingga 1 Miliar USD.


Sebagai informasi saja, Tokopedia sendiri merupakan salah satu marketplace Indonesia yang sukses dengan mendapat dukungan dari raksasa teknologi Jepang yakni Softbank. Kemudian Tokopedia turut berhasil menjalin kerjasama bisnis dengan Facebook, Amazon serta pemilik hak paten OS Windows 10 yakni Microsoft.


Berdasarkan data yang tertulis di situs Indotelko.com, tercatat Google memiliki saham di Tokopedia sekitar 1.6%. Sementara Temasek lewat Anderson Investments memiliki kurang lebih sekitar 3.3% saham di Tokopedia, perolehan ini juga tercatat di Kementerian Hukum dan HAM di tanggal 4 November lalu.



Google dan Temasek tentunya memiliki harapan besar akan potensi yang dimiliki toko ijo. Ini juga menguatkan performa mereka untuk dapat menjadi yang teratas dalam pertempuran e-commerce di Indonesia, melawan pesaing berat seperti Lazada dan Shopee.Potensi Tokopedia.



Untuk nilai saham dengan sekian nominal yang menjadi haknya Google, ada sekitar 1.1 Juta USD atau setara dengan 16.7 Miliar Rupiah. 


Lalu saham Anderson 2 kali lipatnya yakni kurang lebih mencapai 33.4 Miliar Rupiah.Namun perlu diketahui bahwa Google dan Temasek dapat meningkatkan jatah atau porsi kepemilikan saham mereka kemudian hari di Tokopedia. 


Namun yang pasti, Tokopedia akan memiliki amunisi baru untuk dapat bersaing keras di pasar e-commerce tanah air. Ditambah lagi, kebutuhan belanja online malah makin melejit di saat Pandemi Covid-19 melanda.


Untuk sekarang, Softbank masih bertahan sebagai pemilik saham terbesar di Tokopedia dengan persentase 33.9%, kemudian ada Alibaba Group dengan 28.3 persen. Sekarang giliran Tokopedia saja yang harus menjalankan aksinya.


Lantas, menurutmu akan seperti apa Tokopedia di masa mendatang mulai dari sekarang? Bila ada ekspektasi atau tanggapan terkait berita Investasi Google ke Tokopedia ini, tuliskan saja di bawah.(teknodaim)

0 Komentar

Type and hit Enter to search

Close