Breaking News

Rimpu, Pakaian Adat Bima yang Jadi Simbol Kehormatan Wanita



ANABERITA.COM, NUSANTARA - Indonesia memang negara yang memiliki kekayaan luar biasa. Tidak hanya soal kekayaan alam tetapi juga budaya. Salah satunya adalah pakaian Rimpu, yaitu busana adat Kota Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB).


Rimpu merupakan kain sarung yang dililitkan di kepala dan muncul sejak zaman dahulu, tepatnya disaat terjadinya penyebaran Islam di daerah ini. Rimpu juga memiliki filosofi yang kuat karena menjadi karakter dan diartikan sebagai simbol kehormatan wanita.



Ada dua jenis Rimpu, yaitu Rimpu Mpida dan Colo. Rimpu Mpida diperuntukan bagi para gadis di daerah ini yang belum menikah. Jenis Rimpu ini seperti cadar karena yang terlihat hanya mata. Ini berbeda dengan Rimpu Colo, dimana para perempuan sudah dibolehkan memperlihatkan seluruh wajahnya kepada khalayak.


Pakaian Rimpu memiliki banyak manfaat dan fungsi, selain digunakan pada acara sehari - sehari seperti kegiatan sosial, Rimpu juga digunakan untuk acara - acara resmi bahkan tarian. 


Kini pakaian Rimpu mulai membuat penasaran publik, khususnya para muslimah karena sebagian baru mengetahui bahwa ada pakaian adat yang syar'i. Beragam konten tentang pakaian Rimpu mulai bermunculan, ada yang mengulas sejarah Rimpu, tutorial memakai pakaian Rimpu dan konten lainnya. (dbs)

0 Komentar

Type and hit Enter to search

Close