Breaking News

Tiga Jembatan Terpanjang di Indonesia



ANABERITA.COM, NUSANTARA - Sebagai negara kepulauan tentunya Indonesia memiliki banyak sungai yang memisahkan antara satu pulau dengan pulau lain, antara kota yang satu dengan kota lain.


Dan tentu saja ini menjadi pemikiran bangsa Indonesia untuk membangun jembatan agar perekonomian dan aktivitas warga lebih efektif. Kendati cukup panjang jembatan yang harus dibangun tapi ternyata bisa dilakukan oleh bangsa Indonesia.


Dan berikut ini jembatan terpanjang yang ada di Indonesia dan terdapat di sejumlah kota. 




01. Jembatan Ampera, Palembang

Jembatan Ampera menjadi salah satu jembatan terpanjang di Indonesia. Jembatan yang juga jadi ikon Kota Palembang ini membentang sepanjang 1.117 meter, dengan lebar 22 meter di atas Sungai Musi.


Jembatan ini menghubungkan daerah seberang Ulu dan seberang Ilir. Menariknya, enggak hanya jadi ikon Kota Palembang, Ampera juga menjadi salah satu jembatan tertua di Indonesia.


Dibangun pada April 1962, Jembatan Ampera saat ini sudah memiliki usia setengah abad lebih. Jembatan tersebut diresmikan pada tahun 1965. 




02. Jembatan Merah Putih, Ambon

Dari Palembang bergeser ke Kota Ambon, jembatan terpanjang di Indonesia juga bisa kamu temukan di kota berujuk "Ambon Manise" ini. Jembatan Merah Putih merupakan salah satu jembatan terpanjang yang ada di Indonesia, karena panjangnya yang mencapai 1.140 meter.


Jembatan ini menghubungkan dua desa, yaitu Desa Rumah Tiga (Poka) di Kecamatan Sirimau pada sisi utara, dan Desa Hative Kecil/ Galala di Kecamatan Teluk Ambon pada sisi selatan. 


Selain menjadi penghubung antar-desa, jembatan ini juga mampu mempersingkat waktu tempuh dari Bandara Pattimura ke Pusat Kota Ambon. Tak heran jika Jembatan Merah Putih memiliki peran yang cukup sentral dalam mobilitas masyarakat.


Pembangunan Jembatan Merah Putih dimulai sejak 17 Juli 2011 dan baru diresmikan pada 4 April 2016. Selain itu, Jembatan Merah Putih juga terbagi menjadi tiga bagian, meliputi jembatan pendekat di Desa Poka 520 meter, di sisi Desa Galala 320 meter, dan jembatan utama 300 meter.




03. Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu merupakan jembatan terpanjang di Indonesia. Jembatan senilai Rp 5,5 triliun yang dibangun pada tahun 2003 ini membentang sepanjang 5,438 meter di atas Selat Madura. Jembatan ini menjadi penghubung antara Pulau Jawa dan Madura. 


Uniknya, Jembatan Suramadu juga menyediakan lajur khusus bagi pengendara sepeda motor di setiap sisi luar jembatan. Jembatan ini dibangun dengan tiga bagian, meliputi jalan layang, jembatan penghubung, dan jembatan utama. (Sumber:Kumparan)

0 Komentar

Type and hit Enter to search

Close